Sabtu, 18 September 2010

TREPANATION


Trepanation adalah istilah medis untuk seni pembolongan tengkorak, terus buat apa seni atau pengobatan ini dilakukan??dizaman zaman yang terus berkembang ini fungsi dari trepanation juga ikut berganti sesuai kebutuhan kehidupan.
  • Prasejarah : seni pembolongan tengkork ini di lakukan untuk mengusir roh jahat dan menghilangkan trauma
  • Renaissance : pada zaman ini trepanayion digunakan untuk obat penyakit kepala atau serangan otak
  • Zaman Sekarang : dan dizaman sekarang terepanation digunakan apabila terjadi tekanan berlebihan dikepala dan mengancam nyawa serta menambah daya pikiran
Sebenernya di dalam tengkorak terdapat rongga yang isinya cairan untuk peredam otak apabila terjadi benturan. Nah ketika terjadi pembengkakan maka ga ada ruangan lagi untuk otak dan cairan tadi dan kalo dibiarin batang otak bakalan kejepit yang akibatnya bisa kematian. Oleh karena itu lah trepanation digunain, sebagai penghilang tekanan yang terjadi juga rasa sakit yang berlebihan oleh tekanan tersebut.

Tapi diluar semua itu ada yang nyebutin juga trepanation sebenernya berfungsi untuk menambah daya pikir kita, karena menurut mereka pada waktu kecil otak kita belum tertutup semua oleh tengkorak sehingga otak kita cepat berkembang dan lebih peka. Sesuai dengan percobaan national geographic , kalo otak bayi itu lebih berkerja di banding manusia dewasa, dan juga menurut ilmuwan bahwa kita baru memanfaatkan 10% dari kemampuan otak kita.
Oleh sebab itulah Dr. Huges dari Belanda dan Amanda Fielding, dari Oxford mengajak orang2 untuk melakukan trepanation, karena menurutnya setelah melakukan trepanation dia merasakan lebih banyak energi dan inspirasi dan juga cara berpikirnya menjadi lebih terbuka, dan gilanya tuh orang ngelakuin trepanation sendiri dengan bor listrik.

Tapi melakukan trepanation sendiri atau dilakukan bukan orang yang ahli sangat berbahaya karena bakalan nyebabin Kerusakan Otak permanen dan Infeksi juga keracunan darah pada otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar