Sabtu, 18 September 2010

Komposisi Tinja :D

Pernah nggak kamu memikirkan tentang apa yang terkandung dalam kotoran yang kita buang tiap harinya?? normalnya manusia mengeluarkan kotoran 150 - 300 gram atau 0.15 - 0.3 kg. Dan /gramnya menggandung 300-500 milyar mikroogranisme, dan jumlah kuman dalam satu gram kotoran setara dengan 100 kali jumlah penduduk dunia. :D Waw waw waw!!
Sedangkan kandungan air dalam tinja ada sekitar 70 % jika tinja kita dikeringkan (kurang kerjaan) maka berat kumannya akan 1/2 dari berat tinja tersebut, 30 %nya lagi terdiri dari lemak, sayur mayur biji bijian sel epitel yang rusak. ini menandakan kotoran yang kita buang tidak semuanya adalah sisa makanan, karena menurut penelitian saat kita buang air besar sisa makanan yang dibuang hanya sekitar 10-15% dari total tinja.
Soal Bau tinja dapat diatur dengan makanan makanan yang kita makan, jika kita banyak mengkonsumsi daging maka bau tinja akan semakin busuk dikarenakan beberapa jenis protein dihancurkan oleh bakteri pembusuk menjadi amonia, indole, skatole dan hidrogen sulfida. Hasilnya tinja berbau seperti telur busuk (rotten eggs) sedangkan apa bila kita mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan menyebabkan bakteri lactic acid memproduksi asam laktat dalam jumlah yang besar, dan tinja pun menjadi asam.
Jadi pengen Boker :((

Tidak ada komentar:

Posting Komentar